Daging kambing merupakan salah satu danging favorit dari masyarakat Indonesia. Berbagai macam masakan yang terbuat dari daging kambing tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bagi kamu yang ingin membuat masakan olahan daging kambing. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu olahan daging kambing.

  1. Kambing guling

Bahan untuk membuatnya adalah 1 kg daging kambing, 1 ruas jahe, geprek, 1/2 sdm ketumbar, 2 siung bawang putih, 1/2 sdm garam. Bumbunya adalah 1 sdm ketumbar, haluskan, 1/2 sdm garam, 2 sdm kecap manis, 2 sdm minyak sayur, 5 siung bawang putih yang dihaluskan.

Cara membuatnya adalah pertama haluskan bahan-bahan bumbu rebus, rebus daging kambing dengan bumbu rebus sampai matang. Tiriskan lalu potong-potong, campur semua bahan bumbu oles. Lumuri daging dengan bumbu oles sambil digeprek. Diamkan daging dalam rendaman bumbu oles selama kurang lebih tiga jam dalam keadaan tertutup rapat. Lalu panggang daging kambing sampai matang kecoklatan di Teflon atau alat pemanggang yang diolesi mentega. Potong dadu lalu sajikan.

  1. Sate kambing

Sate kambing membutuhkan 500 gram daging kambing, potong dadu, 2 ruas jahe yang digeprek, 3 lembar daun jeruk, iris halus, kecap manis, miinyak goreng. bumbunya 1 sdm ketumbar, 1 sdt garam, 10 butir bawang merah, 2 biji asam jawa, 2 sdm gula jawa, 3 butir kemiri, 5 siung bawang putih, penyedap rasa.

Untuk cara membuatnya yakni pertama haluskan semua bumbu halus. Campur bumbu halus dengan 2 sdm kecap manis dan 2 sdm minyak goreng. Lalu tambahkan jahe dan daun jeruk ke dalam bumbu, aduk rata. Tambahkan daging kambing ke dalam bumbu, kamu aduk rata lalu diamkan kira-kira selama 30 menit. Kemudian tusukkan daging kambing ke tusuk sate yang telah disiapkan. Dalam satu tusuknya isi dengan 3 sampai 5 potong daging kambing. Panggang atau bakar sate hingga matang kemudian sajikan selagi masih panas. Kamu bisa sajikan sate dengan sambal kecap, irisan kol dan tomat serta buah mentimun.

  1. Nasi kebuli

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kebuli adalah 500 gram daging kambing, 4 cup beras, 1 buah pekak, 1 butir bawang bombay cincang kasar, 1 sdm bubuk kari, 12 butir bawang merah, 2 sdm saus santan, 3 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 5 cm kayu manis, 5 sdm santan, 7 siung bawang putih cincang kasar, garam, gula, dan air secukupnya. Bumbunya kamu siapkan  7 buah cabai merah keriting, 1 sdt merica, 1 sdt ketumbar, 1/2 sdt adas, 1/2 butir pala

Cara membuatnya pertama kamu cuci beras yang setelah direndam 5 menit dan tiriskan, lalu cuci bersih daging kambing yang sudah dipotong-potong. Panaskan wajan, tumis bumbu halus, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kayu manis, cengkeh, pekak, dan kapulaga sampai harum. Lalu masukkan daging, tumis hingga daging berubah warna. Tambahkan 1 sdm bubuk kari.Tambahkan air yang cukup banyak, saus tomat, santan, tambahkan gula dan garam. Masak sampai tekstur daging jadi empuk. Keluarkan daging, tiriskan, lalu goreng. Pakai sisa air kaldu daging untuk memasak beras. Aron beras sampai air kaldu terserap beras. Kukus beras aron sampai matang. Kemudian nasi kebuli kamu bisa disajikan dengan daging dan aneka pelengkap lain seperti sayuran atau pelengkap lain.