Tips Merawat Tanaman hias Indoor Yang Baik Dan Benar

Tips dan Trik

Tanaman hias menjadi salah satu ornamen wajib yang menghiasi rumah. Baik untuk dijadikan tanaman indoor maupun outdoor. Tanaman ini membuat suasana rumah semakin hidup dan fresh sehingga orang-orang yang berada di dalamnya merasa nyaman.

Kecantikan tanaman hias tidak hanya terletak pada bunganya saja tapi juga daunnya yang tidak kalah indah dan menawan. Ada juga beberapa jenis tanaman ini yang tidak memiliki bunga hanya daunnya saja tapi sudah sangat cantik. Namun hendaknya keindahan tanaman penghias rumah ini harus dijaga agar tidak mudah rusak dan tetap awet tumbuh cantik. Simak beberapa tips menjaga tanaman penghias rumah ini.

 

1. Media Tanam

Ketika Anda menanam tanaman hias di ruangan indoor tentu harus memperhatikan media tanamnya berupa. Sebaiknya sebelum media tanam diisi dengan tanaman Anda harus menjadikan tanahnya sebagai humus atau tanah yang subur. Pembuatan tanah menjadi humus yaitu dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos sehingga menghasilkan tanaman yang memiliki nutrisi.

 

 2. Perhatikan Jumlah Air

Jumlah air pada tanaman hias juga harus diperhatikan. Tanaman tentu membutuhkan air yang cukup agar bisa bertumbuh dengan sempurna. Air sebagai menjaga kelembaban tanah sehingga tanaman tidak mudah kering. Ketika menyiram tanaman ini sebaiknya lakukan di luar rumah agar air tidak menggenang. Genangan air bisa membuat akar tanaman menjadi busuk dan mati. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore secara rutin.

 

3. Sesuaikan Dengan Temperatur Ruangan

Ketika tanaman diletakkan di ruangan maka membutuhkan temperatur yang berbeda dengan yang berada di luar rumah. Untuk itu ketika Anda memilih mempercantik ruangan dengan tanaman hias maka pilih yang bisa tumbuh dalam temperatur ruangan. Hal ini agar memudahkan anda dalam proses perawatan tanaman nantinya.

Anda bisa mencari tahu tanaman hias apa yang cocok untuk ruangan indoor. saat musim kemarau Anda bisa menstabilkan temperatur ruangan dengan menggunakan pendingin udara Agar tanaman tetap mendapatkan udara yang cukup.

 

4. Jaga Kelembaban Udara

Sebaiknya ketika memelihara tanaman untuk perhiasan ruangan anda harus menyediakan pasokan sinar matahari yang cukup. Tempatkan tanaman di dekat jendela atau sering-sering mengeluarkan tanaman pada siang hari dengan durasi waktu 1 sampai 2 jam. Namun jangan langsung letakkan dibawah terik matahari. Anda bisa mencari tempat yang cukup teduh namun masih mendapat sinar matahari di sekitarnya.

 

5. Berikan Pupuk Secara Rutin

Selain disiram perawatan tanaman juga harus diberikan pupuk secara rutin. tanaman anda tentu memerlukan nutrisi dari pupuk agar bisa berkembang dengan baik. Anda bisa memilih pupuk kandang atau pupuk kompos namun jangan sekali-kali menggunakan pupuk yang tidak alami. Karena bisa merusak perkembangan tanaman hias dalam pot.

 

6. Ganti Media Tanam

Penggantian media tanam harus dilakukan secara berkala dikarenakan tanaman berkembang setiap waktu. Tentu tanaman akan semakin besar seiring berjalannya waktu dan membutuhkan pot yang berukuran lebih besar pula dari pot aslinya. ketika tanaman mulai tumbuh besar maka gunakan pot yang sesuai dengan ukurannya. Sebaiknya Cari pot dengan pengairan yang cukup bagus.

 

Demikian beberapa cara merawat tanaman hias agar lebih awet dan tetap cantik dari waktu ke waktu. Untuk Anda yang ingin membeli tanaman hias bisa mendapatkan jenis tanaman tersebut dengan mudah hanya di Blibli. Blibli menyediakan berbagai jenis tanaman hias dengan harga yang bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah jadi bisa anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Terdapat pula aksesoris untuk tanaman hias dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tunggu apalagi segera temukan tanaman penghias ruangan yang anda inginkan hanya di Blibli.